Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (KEPALA BERNOMOR BERSAMA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 2 TOJO BARAT
Nama: SYARIFA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Syarifa N. Lawani , 2021. “Penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Togother (kepala bernomor bersama) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Tojo Barat”. Skripsi, Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Drs. Imran, M. Si Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tojo Barat, berdasarkan hasil tes awal tindakan yang dilaksanakan pada tanggal 8 agustus 2020, kurang memuaskan dengan presentasi Daya Serap Klasikal (DSK) 55,04?n presentasi Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 28%, perolehan ini belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70?n ketuntasan klasikal 80%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (kepala bernomor bersama). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tojo Barat yang berjumlah 25 orang, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas siswa dan aktivitas guru dan tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Tes akhir tindakan siklus I diperoleh presentasi Daya Serap Individu (DSI) 70%, Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 68%, presentasi Daya Serap Klasikal (DSK) 7I,04%. Pada siklus II diperoleh presentasi Daya Serap Individu (DSI) 84%, Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 92%, dan presentasi Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 89,6%. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (kepala bernomor bersama) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Tojo Barat. Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (kepala bernomor bersama) Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up