JudulPenyelenggaraan Program Sekolah Dalam Pengembangan Kecakapan Siswa Di SMP Karuna Dipa Palu |
Nama: CINDI IHWANANURDIANTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak 1).Tujuan penelitian ini mengidentifikasikan mengenai penyebab ketidakseimbangan kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan Kurikuler di SMP Karuna Dipa Palu, (2) Mengidentifikasikan pengembangan kecakapan Siswa di SMP Karuna Dipa Palu dalam Penyelenggaraan Progam Sekolah dimana progam sekolah tersebut adalah kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan Kurikuler . Jenis Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif Subjek dalam penelitian ini adalah Pembina kegiatan ekstrakurikuler dan pembina kegiatan Kurikuler , beserta siswa yang sering ikuti dalam hal kegiatan tersebut. Teknik Pengumpulan data dengan mengunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penyebab dari ketidakseimbangan kegiatan tersebut adalah dengan mengambil jam pelajaran dalam bidang kegiatan ekstrakurikuler, lomba-lomba yang sering diadakan oleh pihak mana saja mereka kurang setuju dikarenakan mengambil jam pelajaran sekolah. Pengembangan kecakapan siswa dalam hal mengikuti kegiatan Kurikuler maupun ektrakurikuler pengembagan kecakapan siswa tersebut mempunyai kecakapan dalam hal belajar dikelas maupun luar kelas dengan mendapatkan pengaruh sikap atau tindakan disebut dengan (ranah afektiv) yang berasal dari dalam diri individu seseorang yang dapat mempengaruhi perilakunya, ilmu pengetahuan atau disebut dengan( ranah kognitf) siswa yang akan menambah wawasannya, dan mempunyai keterampilan (ranah psikomotor) yang luas . Kata Kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler.’Kurikuler.’ Pengembangan Kecakapan Siswa |