Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMA NEGERI 1 PARIGI TENGAh
Nama: OPAN HERDIANSYAH
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruuh antara gaya belajar terhadap prestasi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan rumus P= f/n x100?n korelasi product moment. Sampel yang digunakan berjumlah 18 responden. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian yaitu menggunakan angket untuk memperoleh data tentang Gaya belajar dengan prestasi siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentase, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil deskripsi diperoleh 11,11% gaya belajar visual, 27,78% gaya belajar auditorial, 61,11% gaya belajar kinesthetic. Sedangkan untuk prestasi siswa memiliki prestasi yaitu 27,78% yang memiliki kategori baik sekali, dan 72,22% yang memiliki kategori baik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa r hitung = 0,648 > r table = 0,468. Berdasarkan hasil penelitian data disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up