Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURUMENANAMKANKARAKTER SOPAN SANTUN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DISMP NEGERI 3 SIRENJA
Nama: NURSIDRAT
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Nur Sidrat 2020. “Peranan guru menanamkan karakter sopan santun dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs.imran,m.si Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan motivasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Sirenja Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru SMP Negeri 3 Sirenja dan 3 siswa SMP Negeri 3 Sirenja Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Peran guru terhadap karkter sopan santun dalam meningkatkan hasil kakter siswa telah menunjukan karakter yang baik mereka sebagai guru. Hal ini terbukti bahwa guru-guru sudah berupaya untuk memotivasi siswa- siswanya agar perubahan karakter sopan santun siswa semakin meningkat dengan pemberian motivasi berupa nasehat, dan cara untuk berbuat baik sama semua orang degan guru-guru maupun sama orang tua di rumah . Kata Kunci : Peranan Guru PPKn, Karakter Sopan Santun

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up