JudulPENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPN 2 PALU |
Nama: KHARNIADY DWI ANATA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Kharniadi Dwi Anata. 2020, Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Jamaludin, M.Si. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengunaan gadget terhadap perkembangan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuntitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara,kuesioner (angket), dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII F, untuk sampel pada penelitian ini 15 orang. Uji Hipotesis dalam penelitian ini yang digunakan adalah uji korelasi product momen dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara gadget dengan perkembangan karakter peserta didik terdapat koefisien korelasi (r) sebesar 0,551 dengan signifikansi 0,041. Hal tersebut berarti bahwa ada korelasi positif antara gadget dengan perkembangan karakter peserta didik dengan tingkat hubungan sedang, dan korelasi tersebut signifikan karena p < 0> t tabel (2,718) dan nilai signifikan (0,041) < 0,05. Nilai signifikan variabel gadget (X) lebih kecil dari 0,05 yang artinya berpengaruh signifikan terhadap perkembangan karakter peserta didik (Y). Kata kunci : gadget,perkembangan, karakter |