Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 LABUAN
Nama: FALMUHIRAT
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Falmuhirat, 2019. PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 LABUAN, Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing H. Muh. Ali Jennah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas X di SMK Negeri 1 Labuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X di SMK Negeri 1 Labuan, untuk sampel pada penelitian ini 30 orang. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji t. Hasil penelitian adalah: berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi (r) diperoleh nilai sebesar 0,43 mengacu pada pedoman interpretasi koefisien korelasi, maka hasil tersebut berada pada kategori rendah. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai thitung 2,519 > ttabel 2,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas X di SMK Negeri 1 Labuan dengan nilai sebesar 0,43 atau sebesar 43% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian peran guru juga sangat penting, agar dalam proses pembelajaran siswa memiliki motivasi belajar yang lebih baik. Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up