JudulKEMAMPUAN GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMK NEGERI 8 PALU |
Nama: ASMARITA D SALIM |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK ASMARITA D SALIM. 2021. Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Media Audio Visual pada mata pelajaran PPKn di SMK 8 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing: Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Media Audio Visual pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 8 Palu. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan tipe deskriptif. Adapun subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru PPKn. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, dan penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kemampuan Guru dalam pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PPKn mulai dari guru PPKn menyajikan materi pelajaran, mengkondisikan kelas, penggunaan bahasa yang mudah di pahami oleh siswa, serta memberikan apresiasi terhadap jawaban atau pendapat yang diberikan sekalipun jawaban yang diberikan oleh siswa tidak tepat. Kemampuan guru dalam pemanfaatan media audio visual sudah terlaksana, namun belum dioptimalkan dengan baik, karena masih ada beberapa kendala yang dialami guru saat proses pembelajaran berlangsung kemudian, guru juga mempertimbangkan jenis media audio visual yang digunakan saat mengajar dan disesuaikan dengan materi pembelajaran agar mempermudah guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Media Audio Visual. |