JudulSTUDI TENTANG KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: NUSRA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nusra, (2021), Studi Tentang Kemampuan Komunikasi Guru PPKn dalam Meningkatkan Perhatian Belajar Siswa Di SMA Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Alri Lande, MA. M.Th, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru PPKn secara verbal dan non verbal dalam meningkatkan perhatian belajar siswa di SMA Negeri 7 Palu dan bagaimana upaya yang dilakukan guru PPKn dalam meningkatkan perhatian belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi secara verbal dan non verbal guru PPKn dalam meningkatkan perhatian belajar siswa di SMA Negeri 7 Palu dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PPKn dalam meningkatkan perhatian belajar siswa di SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 1 orang guru PPKn dan siswa SMA Negeri 7 Palu berjumlah 15 orang dan penarikan sampel menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian Studi tentang kemampuan komunikasi guru PPKn dalam meningkatkan perhatian belajar siswa di SMA Negeri 7 Palu yaitu menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi guru PPKn secara verbal dan non verbal sudah cukup baik. Hal itu tampak dari kelancaran guru PPKn menyajikan materi pelajaran, mengkondisikan kelas, penggunaan bahasa yang mudah di pahami oleh siswa, kesungguhan dalam pembelajaran, penguasaan materi yang baik serta mampu menunjukkan ekspresi wajah dan kontak mata dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru PPKn adalah menegur siswa, membuat kontrak belajar, merubah suasana kelas menjadi menyenangkan. Kata kunci : Kemampuan komunikasi guru PPKn, perhatian belajar siswa |