JudulPERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: MEI DIYAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Mei Diyawanti, (2023). Peran Guru dalam Mengatasi Prilaku Bullying Pada Siswa SMP Negeri 19 Palu. Skiripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing Kaharuddin Nawing. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk bullying dan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi prilaku bullying pada siswa SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskritif. Adapun subyek penelitian ini adalah 7 siswa dan 7 guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dalam menerapkan informan menggunakan teknik Purposive Sampling Hasil penelitian menunjukan: 1) Bentuk-bentuk bullying di SMP N 19 Palu, bullying secara fisik bullying jenis ini bullying yang paling mudah untuk diidentifikasi, bullying Eletronik yang digunakan pelakunya menggunakan sarana elektronik dan fasilitas internet. bullying dalam bentuk rasional merupakan perilaku bullying yang paling sulit dideteksi Dari keempat jenis bullying. bullying dalam bentuk verbal adalah salah satu jenis bullying yang paling mudaah dilakukan, 2). (a) peran guru dalam mencegah prilaku bullying adalah memberikan himbauan dan nasehat secara individu maupun klasikal. Memberikan pemahaman tentang prilaku bullying dan dampaknnya, memberikan reward, membuat kelompok belajar, bekerjasma dengan guru lainnya guna melakukan pengawasan. (b). peran guru dalam Menindak lanjuti prilaku bullying yaitu memanggil siswa yang terlibat dalam kasus bullying, mengintrogasi, memberikan nasehat, memberikan penanaman nilai moral, di bimbing oleh guru bk, dihadapkan dengan kepala sekolah ,dan mengundang orang tua. Hambatan yang dialami disekolah adalah jumlah guru yang tidak sebanding dengan siswa mengakibatkan tidak semuanya bisa dikontrol oleh guru secara bersamaan. Kata Kunci: Peran, guru, bullying, siswa. |