JudulIMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn DIKELAS VIII A MTs Alkhairaat Lobu Gio |
Nama: MUWAFIQAH NUR |
Tahun: 2023 |
Abstrak Muwafiqah Nur , 2023. “ Implemenatasi Model Problem Based Learnin (PBL) Dalam Meningkatkan Minta Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn Di kelas VIII A, MTs Alkhairaat Lobu Gio”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran melalui Model Problem Based Learnin (PBL) pada pembelajaran PPKn Di kelas VIII A, MTs Alkhairaat Lobu Gio. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu : 1) Tahap perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subyek penelitian kelas VIII A, MTs Alkhairaat Lobu Gio, berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Tes, Dokumentasi. Dari hasil penelitian, tingkat ketuntasan peserta didik pada siklus I diketahui 28,57%, dan postest sebesar 42,85% sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan peserta didik pada sebesar 79,04?n postest mengalami kenaikan sebesar 85,71%. Jadi tingkat ketuntasan peserta didik dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 42,86%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan hasil belajar peserta didik, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang ditentukan yaitu 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learnin (PBL)dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Problem Based Learnin (PBL), Minat belajar, Pembelajaran PPKn. |