Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Times Games Tournament (TGT) Di Kelas VII A SMP Negeri 12 Palu
Nama: MOH. SAFRAN KURNIAWAN
Tahun: 2019
Abstrak
Moh. Safran Kurniawan, 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn dengan Menerapkan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VII A SMP Negeri 12 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Hasdin. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Palu dalam proses pembelajaran PPKn. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 24 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan secara bersiklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan planning, action, observation, dan reflection. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas VII A SMP Negeri 12 Palu tahun ajaran 2019/2020 Semestrer 1. Dimana pada siklus I telah diterapkan model pembelajaran teams games tournament siswa sudah mengalami peningkatan karena siswa mendapat skor tertinggi 100 dan skor terendah 20, skor rata-rata 73,75 banyak siswa yang tuntas pada tindakan siklus 1 yaitu 19 orang dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 orang siswa. Tapi peneliti belum merasa puas dengan hasil tersebut karena masih ada siswa yang belum tuntas sehingga untuk memperbaiki kesalahan yang ada pada siklus I maka tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus ke II, jika dilihat dari tes awal terjadi peningkatan karena skor rata-rata yang diperoleh 84,53 skor terendah 30 sedangkan skor tertinggi 100 dan banyaknya siswa yang tuntas 21 orang siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang siswa dari 24 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII A SMP Negeri 12 palu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Model Teams Games Tournament, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up