JudulDampak Penggunaan Handphone Terhadap Karakter Siswa Di SMP Negeri 6 Palu |
Nama: RINI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Rini. 2020. Judul Dampak Penggunaan Handphone terhadap Karakter Siswa di SMP Negeri 6 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Anthonius Palimbong. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak penggunaan handphone terhadap karakter siswa di SMP Negeri 6 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan handphone terhadap karakter siswa di SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah masing-masing 1 orang guru PPKn dan wakasek kesiswaan, serta siswa kelas VIII yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dampak penggunaan handphone terhadap karakter siswa di SMP Negeri 6 Palu adalah berdampak negatif. Karena sebagian besar siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Palu menggunakan handphone bukan sebagai media pembelajaran, melainkan menggunakan handphone hanya untuk hiburan (bermain sosial media, game mobile, dan lain-lain). Kata Kunci : Dampak; Handphone; Karakter. ABSTRAK Rini. 2020. Judul Dampak Penggunaan Handphone terhadap Karakter Siswa di SMP Negeri 6 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Anthonius Palimbong. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak penggunaan handphone terhadap karakter siswa di SMP Negeri 6 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan handphone terhadap karakter siswa di SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah masing-masing 1 orang guru PPKn dan wakasek kesiswaan, serta siswa kelas VIII yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dampak penggunaan handphone terhadap karakter siswa di SMP Negeri 6 Palu adalah berdampak negatif. Karena sebagian besar siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Palu menggunakan handphone bukan sebagai media pembelajaran, melainkan menggunakan handphone hanya untuk hiburan (bermain sosial media, game mobile, dan lain-lain). Kata Kunci : Dampak; Handphone; Karakter. |