Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMBINAAN TOLERANSI UNTUK PENGEMBANGAN WATAK KEWARGANEGARAAN (CIVIC DISPOSITION) SISWA DI SMP KARUNA DIPA PALU
Nama: ASTUTI SALIM
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Astuti Salim. 2020. Pembinaan Toleransi Untuk Pengembangan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa di SMP Karuna Dipa Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Anthonius Palimbong. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sikap toleransi apa yang dibina di SMP Karuna Dipa Palu, (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam pembinaan toleransi pada siswa di SMP Karuna Dipa Palu, (3) Mendeskripsikan dampak Pembinaan Toleransi untuk Pengembangan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa di SMP Karuna Dipa Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan data-data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sikap toleransi yang dibina di SMP Karuna Dipa Palu itu meliputi pembinaan sikap toleransi terhadap perbedaan agama, ras, suku ataupun gender. Strategi yang digunakan dalam pembinaan toleransi untuk pengembangan watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa di SMP Karuna Dipa Palu dilakukan melalui kegiatan pembelajaran PPKn, kegiatan Ekstrakurikuler dan pembiasaan di lingkungan sekolah. Dampak pembinaan toleransi untuk pengembangan watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa di SMP Karuna Dipa Palu dapat dilihat dari gambaran watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa yang terbentuk dalam kegiatan pembelajaran PPKn, kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan di lingkungan sekolah yaitu membuka pikiran, menghargai dan menghormati orang lain, berpikir kritis, dan menunjukkan kesopanan dan Jujur. Kata kunci: Pembinaan; Toleransi; Civic Disposition; Strategi ABSTRACT Astuti Salim. 2020. Tolerance Enlightenment for the Development of Students Civic Disposition at SMP Karuna Dipa Palu. Skripsi, Bachelor Degree. Pancasila and Civic Education Study Program, Social Science Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University Under the supervision of Anthonius Palimbong. This study aims to (1) Determine the attitude of tolerance fostered in SMP Karuna Dipa Palu, (2) Describe the strategies of teachers in fostering tolerance in students at SMP Karuna Dipa Palu, (3) Describe the impact of tolerance development for Civic Disposition among students at SMP Karuna Dipa Palu. This study applied qualitative research with a descriptive approach. The techniques of data collection were observations, interviews, and documentation. The results of the study indicated that tolerance enlightenment at SMP Karuna Dipa Palu includes enlightenment on tolerance toward religious, racial, ethnic, or gender differences. The strategy to foster tolerance for the development of civic disposition of students at SMP Karuna Dipa Palu which is carried out through Pancasila and Civic Education learning activities, extracurricular activities, and habituation in the school environment. The impact of tolerance enlightenment for the development of the civic disposition can be seen from the students’ characters that show open-mind, respectful and courteous, critical thinking, and politeness as well as integrity. Keywords: enlightenment, tolerance; civic disposition; Strategy

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up