Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMAN 1 BANAWA TENGAH
Nama: AYU SEPTIANA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ayu Septiana, 2021. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberead Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran PPKn di SMAN 1 Banawa Tengah. " Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran PPKn di SMAN 1 Banawa Tengah melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Banawa Tengah dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siklus 1 Partisipasi siswa dalam kelompok diperoleh presentase sebesar 76,77%, partisipasi bertanya diperoleh presentase sebesar 65,97%, partisipasi menjawab diperoleh presentase sebesar 74,29%, dan partisipasi dalam membuat kesimpulan diperoleh presentase sebesar 73,6%. Siklus 2 Partisipasi siswa dalam indikator partisipasi dalam kelompok diperoleh presentase sebesar 90,27%, partisipasi bertanya diperoleh presentase sebesar 74,98%, partisipasi menjawab diperoleh presentase sebesar 91,66%, dan partisipasi dalam membuat kesimpulan diperoleh presentase sebesar 94,43%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberead Heads Together (NHT) dapat meningkatkan partisipasi siswa pada Pembelajaran PPKn di SMAN 1 Banawa Tengah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numberead Heads Together,

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up