JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK UNTUK DI KELAS VIII B SMP NEGERI 12 PALU |
Nama: NURHAYANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurhayani. 2021.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Kelompok Untuk di Kelas VIII B SMP Negeri 12 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universutas Tadulako. Pembimbing Jamaludin. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII B SMP Negeri 12 Palu.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpuan data yaitu jenis data dan teknik pengumpulan data.Lembar observasi/pengamatan yang digunakan yaitu tes akhir siklus, penyajian data, menarik kesimpulan, analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif dan indikator kinerja.Subjek penelitian kelas VIII B yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan hasil yang dapat dilihat pada hasil tes awal ketuntasan belajar klasikal 44,4?n daya serap klasikal mencapai 56,1% , belum mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan, pelaksanaan tindakan siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 66,6?n daya serap klasikal 72,7%, dimana sudah mengalami peningkatan dari tes sebelumnya akan tetapi masih belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pelaksanaan tindakan siklus II mengalami peningkatan yaitu ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,3?n daya serap klasikal 81,1% sudah mencapai ketuntasan belajar. Penggunaan metode pemberian tugas kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 12 Palu. Kata kunci : Hasil Belajar; Metode Pemberian Tugas Kelompok |