JudulPEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELLECTUAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 5 SOJOL |
Nama: HASNUNI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Hasnuni. 2019. Pemanfaatan Model pembelajaran SAVI (Somatic, auditory, Visual dan Intellectual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 5 Sojol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasdin. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Apakah model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan intellectual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Sojol?. Tujuan penelitian ini yaitu : Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Sojol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini yaitu penelitian tindakan kelas. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan tes. Subjek penelitian kelas VII B yang berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tes awal daya serap klasikal sebesar 69,6?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 51,7% tidak mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan, sedangkan pelaksanaan tindakan siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 72,4%. Ketercapaian pada pendekatan Somatic 100%, Auditory 87,5%, Visual 75?n Intellectual 75%. Pada pelaksanaan tindakan siklus I sudah mengalami peningkatan dan masih perlu ditingkatkan untuk mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan, dan pelaksanaan tindakan siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 82,7%. Ketercapaian pendekatan Somatic 100%, Auditory 87,5% Visual 87?n Intellectual 94,75%. Pada tindakan ini terjadi peningkatan dari tindakan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) sangat baik diterapkan dalam peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) dan Hasil Belajar |