JudulHUBUNGAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XII DI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: FIDYA SAVITRI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Fidya Savitri. Hubungan Sarana Prasarana Pendidikan Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XII Di SMA Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Hasdin Permasalahan pokok penelitian adalah masih kurangnya sarana prasarana pendidikan secara garis besar ketercapaian standar sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 9 palu sudah baik. Hanya saja sedikit permasalahan muncul sebagai akibat dari keterbatasan lahan yang berdampak pada keterbatasan bangunan dan kelengkapan sarana prasarana yang belum terpenuhi. Tetapi sekolah sudah mengupayakan untuk memenuhi standar nasional sarana prasarana pendidikan sehingga masalah tersebut tidak menjadi penghalang dalam pelaksanaan pembelajaran dan pelayanan lainya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara sarana prasarana pendidikan dengan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XII Di SMA Negeri 9 Palu. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah angket untuk memperoleh data tentang sarana prasarana pendidikan. Analisis data penelitian dengan teknik persentase sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikasi 5?ngan taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil pengolahan telah diperoleh 5 siswa atau 17% yang menyatakan sarana prasarana pendidikan tinggi, 19 siswa atau 63% yang menyatakan sarana prasarana pendidikan cukup, dan 6 siswa atau 20% yang menyatakan sarana prasarana pendidikan rendah. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yaitu 77% yang hasil belajar PPKn nya mendapatkan kriteria sangat baik, 23% siswa yang hasil belajar PPKn nya mendapatkan kriteria baik. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa r hitung > r tabel atau 0,46 > 0,361. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Sarana Prasarana Pendidikan Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XII Di SMA Negeri 9 Palu. Kata Kunci : Sarana Prasana Pendidikan, Hasil Belajar Siswa |