JudulUpaya Guru Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Di SMP NEGERI 3 Dampelas |
Nama: MELINDA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Melinda 2023.Upaya Guru dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Dampelas.Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemandirian belajar siswa dan Mengetahui upaya-upaya apa saja yang di lakukan guru untuk membentuk kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 3 Dampelas. Penelitian ini Menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa-Siswi SMP Negeri 3 Dampelas (kelas VII B dan VIII A) dan Guru PPkn SMP Negeri 3 Dampelas. Menggunakan Teknik pengumpilan data observasi , wawancara , dan Dokumentasi. Hasil penelitian Kemandirian belajar siswa SMPN 3 Dampelas dapat dikatakan cukup baik, dapat kita lihat melalui kategori indicator kemandirian belajar siswa,a).Percaya diri masih kurang optimal karena hanya sedikit sekali siswa yang bertanya kepada guru saat proses pembelajaran,b). Disiplin sudah cukup baik karena saat pembelajar di dalam kelas siswa tidak ribut saat guru menjelaskan di depan dan tidak selalu keluar masuk,c).Motivasi dikatakan cukup baik karena siswa mampu mengerjakan soal sendiri tanpa meminta bantuan dari temannya,d). Inisiatif masih kurang optimal karena siswa tidak mampu menyimpulkan pembelajaran yang baru aja di jelaskan oleh guru,e).Tanggung jawa di katakan cukup baik karena siswa mengerjakan pekerjaan rumah dengan tepat waktu. Dan upaya guru dalam membentuk kemandirian belajar siswa yaitu , tahap masuknya rangsangan yang menarik perhatian pembelajar, tahap tumbuhnya niat untuk merespon rangsangan , tahap penembuhan motivasi, tahap tindakan pembelajaran dan tahap evaluasi. Kata Kunci : Upaya Guru, Kemandirian Belajar Siswa |