JudulPEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SOFTWARE POWTOON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: YUNNI HALIFAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Yunni Halifah, 2020. “Pemanfaatan Media Audio Visual Software Powtoon untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMP Labschool Untad Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar PPKn melalui pemanfaatan media audio visual software powtoon di SMP Labschool Untad Palu. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Labschool Untad Palu dalam pembelajaran PPKn semester genap tahun 2019/2020 dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus 1 keaktifan siswa yang terdiri dari empat indikator yaitu keaktifan diperoleh 60%, perhatian diperoleh 74%, kerjasama 75?n tanggung jawab 75?ngan presentase keseluruhan 72,50% yang telah masuk pada kategori baik (B). Siklus 2 keaktifan siswa yang terdiri dari empat indikator yaitu keaktifan diperoleh 86%, perhatian diperoleh 92%, kerjasama 94?n tanggung jawab 94?ngan presentase keseluruhan 92% yang telah masuk pada kategori sangat baik (SB). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media audio visual software powtoon dapat meningkatkan aktivitas belajar PPKn di SMP Labschool Untad Palu. Kata kunci: Pemanfaatan, Media Audio Visual, Software Powtoon, Aktivitas Belajar ABSTRACT Yunni Halifah. 2020. The Use of Powtoon based Audiovisual Media to Improve Students’ Learning Activities at SMP Labschool Palu. Skripsi, Bachelor Degree. Pancasila and Civic Education Study Program, Social Science Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University Under the supervision of Sunarto Amus. This study aims to improve the learning activities of Pancasila and Civic Education Subject through the use of Powtoon based audiovisual media in SMP Labschool Untad Palu. This research employed Classroom Action Research (CAR). Techniques of data collection were observations, questionnaires, interviews, and documentation. The subjects in this study were 25-grade VII-A students at SMP Labschool Untad Palu in learning Pancasila and Civic Education subject in the even semester of 2019/2020. The results showed that the first cycle of student activity consisting of four indicators, namely activeness (60%); attention (74%), collaboration (75%), and responsibility (75%) with an overall percentage of 72.50% including in the good category (B). In cycle 2, student activity consisting of four indicators namely activeness (86%), attention gained (92%), collaboration (94%), and responsibility (94%) with an overall percentage of 92% which is included in the excellent category (SB ). The results of this study indicate that use Powtoon based audiovisual media can improve learning activities of Pancasila and Civic Education subject at SMP Labschool Untad Palu Keywords: utilization, Powtoon based audiovisual media, learning activities |