JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII B SMP NEGERI 12 PALU |
Nama: NIRDA SEPTIANINGSIH BASRI PALURU |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Nirda Septianingsih, 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII B SMP Negeri 12 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn di kelas VIII B SMP Negeri 12 Palu. Subek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B yang berjumlah 19 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan secara bersiklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan planning, action, observation, dan reflection. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas VIII A SMP Negeri 12 Palu tahun ajaran 2019/2020 Semestrer 1. Dimana pada siklus 1 telah diterapkan model pembelajaran course review horay siswa sudah mengalami peningkatan karena siswa mendapat skor tertinggi 90 dan skor terendah 35, nilai rata-rata 73,68 banyak siswa yang tuntas pada tindakan siklus 1 yaitu 14 orang dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 orang siswa. Tapi peneliti belum merasa puas dengan hasil tersebut karena masih ada siswa yang belum tuntas sehingga untuk memperbaiki kesalahan yang ada pada siklus 1 maka tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus ke II, jika dilihat dari tes awal terjadi peningkatan karena nilai rata-rata yang diperoleh 89,73 skor terendah 65 sedangkan skor tertinggi 100 dan banyaknya siswa yang tuntas 18 orang siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 1 orang siswa dari 19 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 12 Palu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Model Course Review Horay. ? |