JudulDampak Keaktifan Siswa Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di MAN 2 Kota Palu |
Nama: DINA KASULTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Dina Kasulti, 2019. “Dampak Keaktifan Siswa Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di MAN 2 Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan OSIS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di MAN 2 Kota Palu. Lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Adapun Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang terdiri dari 1 Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, 1 Guru PPKn, 1 Pembina OSIS, Siswa/i yang tergabung dalam kepengurusan OSIS berjumlah 4 orang, Siswa/i yang tidak tergabung dalam kepengurusan OSIS berjumlah 5 orang. Metode Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa memiliki pengaruh positif yang sangat signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa itu adalah organisasi. Karena organisasi adalah wahana pengembangan diri siswa yang diharapkan mampu menampung kreativitas, menyalurkan bakat, dan meningkatkan pengetahuan. Keaktifan siswa dalam berorganisasi merupakan salah satu alat motivasi atau alasan bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar dan pengembangan diri. Kata Kunci: Keaktifan Siswa; Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS); Kemampuan Berpikir Kreatif. |