JudulPEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKn DI SMP NEGERI 1 SINDUE |
Nama: UTRI DWI YANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Utri Dwi Yanti, 2022. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar PPKn di SMP Negeri 1 Sindue”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar PPKn di SMP Negeri 1 Sindue. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru PPKn yang berjumlah satu orang dan siswa berjumlah 3 orang. Hasil penelitian di SMP Negeri 1 Sindue menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah yang dilakukan oleh guru PPKn dapat meningkatkan proses belajar siswa. Kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sudah cukup baik, Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat memberikan pelajaran yang inovatif, menyenangkan dan kongkrit dengan memanfaatkan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, Metode Kualitatif. |