Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI KELAS VIIA SMPN 1 BANAWA SELATAN
Nama: INDA FEBIALIN
Tahun: 2023
Abstrak
Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa Di Kelas VIIA SMPN 1 Banawa Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Apakah penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan sikap toleransi belajar siswa di kelas VIIA SMPN 1 Banawa Selatan? Tujuan Penelitian yaitu : untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Role Playing terhadap sikap toleransi belajar siswa di kelas VIIA SMPN 1 Banawa Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan bersiklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, serta wawancara guru. Berdasarkan hasil penelitian sikap toleransi pembelajaran siklus I tindakan I memperoleh skor 10 (cukup). Pada tindakan II memperoleh skor 19 (kurang). Pada siklus II terjadi peningkatan terhadap sikap toleransi belajar siswa. pada tindakan I di siklus II memperoleh skor 23 (baik). Pada tindakan II memperoleh skor 31 (sangat baik). Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan sikap toleransi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Role Playing.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up