JudulPenggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 5 Model Palu |
Nama: REXY MARTINO MONTONGGO |
Tahun: 2020 |
Abstrak Rexy Martino Montonggo, 2019, Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 5 Model Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : (1) Jamaludin. Tujuan penelitian ini penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 5 Model Palu. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 5 Model Palu pada mata pelajaran PPKn. Metode Penelitian yang digunkan dalam penelitian ini data kuantitatif yaitu berupa kemampuan siswa meneyelesaikan tugas yang diberikan pasca proses pembelajaran menggunakan audio visual dan data kualitatif yaitu data aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran PPKn menggunakan audio visual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Melalui penelitian ini peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar siswa di dalam kelas melalui penggunaan media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar pada analisis data untuk ketuntasan belajar klasikal pada tes awal presentase belajar klasikal siswa hanya mencapai 31,0?n tidak memenuhi standar ketuntasan yang ditetapkan SMPN 5 Model Palu yakni 70%. Dan pada siklus I presentase ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 65,5%. Dan pada siklus II setelah melakukan tindakan presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu mencapai 89,6%. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar. |