Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Toleransi Antara Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 2 Pamona Barat
Nama: FRISKA ANASTASIA NANTE
Tahun: 2020
Abstrak
Friska Anastasia Nante, (2020). Peranan Guru Pendidikan kewarganegaraan Dalam Membina Toleransi Antara Siswa Di Keals VII SMP Negeri 2 Pamona Barat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosisal, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Jamaludin. Penelitian ini bertujuan (1). Mendeskripsikan bagaimana peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam membina toleransi antara siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Pamona Barat. (2). Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam membina toleransi antara siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Pamona Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif , subyek dalam penelitian adalah 7 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru PKn dan 5 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan (1). Peranan yang di lakukan guru PKn dalam membina toleransi siswa dapat dilaksanakan pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas yaitu Menumbuhkan sikap toleransi pada siswa dengan cara mengajarkan, membiasakan dan mencontohkan siswa untuk bersikap toleransi melalui kegiatan rutin. Siswa dibiasakan untuk berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing, bersalaman dengan guru ketika berjumpa disekolah, berbicara dengan sopan santun dan membiasakan siswa untuk piket bersama sebelum pulang sekolah.(2).Faktor yang menjadi hambatan dalam membina toleransi anatara siswa yaitu faktor latar belakang siswa yang bermacam-macam, faktor internal kurangnya kesadaran dari diri siswa akan pentingnya bertoleransi dalam kehidupan sehari–hari baik di dalam kelas, di luar kelas maupun di masyrakat dan faktor eksternal siswa yang kurang fokus saat mengikuti proses pembelajaran karena mendapat pengaruh buruk dari sesama siswa seperti di ajak berbicara. Kata Kunci ; Peranan guru PKn; Toleransi; Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up