Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDAMPAK PENERAPAN FULL DAY SCHOOL PADA PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NEGERI 14 PALU
Nama: Ade Irma
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Ade Irma, A 321 15 122. Dengan judul penelitian Dampak Penerapan Full Day School pada Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri 14 Palu. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Imran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dampak penerapan full day school pada pembelajaran siswa di SMP Negeri 14 Palu. Penelitian di laksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 34 orang. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan full day school memiliki manfaat dan tujuan untuk perbaikan dan kepentingan pembelajaran siswa. Penerapan full day school di SMPN 14 Palu memiliki dampak positif dan negative. Dampak positif yang dirasakan pihak sekolah baik guru maupun siswa yaitu yang pertama sekolah yang menerapkan system full day memiliki hari libur yang panjang yakni 2 hari dalam 1 minggu pada hari sabtu dan hari minggu sehingga baik guru maupun siswa memiliki waktu berkumpul bersama keluarga di rumah. Penerapan full day school di SMPN 14 Palu juga dirancang untuk meningkatkan sisi keagamaan siswa dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan seperti melakukan dzikir tiap hari jumat bagi siswa yang beragama islam dan ibadah bagi siswa beragama lain seperti Kristen dan hindu beribadah sesuai agamanya masing-masing, kemudian dilakukan pembiasaan bagi siswa muslim untuk melaksanakan sholat dzuhur dan ashar bersama-sama. Kegiatan-kegiatan yang ada pada sekolah yang menerapakan full day school memiliki peranan penting dalam membentuk sikap dan karakter siswa menjadikan siswa lebih baik lagi. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri penerapan full day school di SMPN 14 Palu juga memiliki dampak negative dalam proses pembelajaran siswa terutama saat siswa belajar di kelas pada jam terakhir yaitu pada jam ke 8 dan jam ke 9 siswa yang merasa kelelahan biasanya mudah merasa bosan dan mengantuk sehingga tidak sedikit siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru dan keluar masuk kelas saat jam belajar berlangsung. Kata Kunci : Dampak Penerapan Full Day School, Pembelajaran Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up