JudulPERANAN MOTIVASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP GKST ENSA KECAMATAN MORI ATAS KABUPATEN MOROWALI UTARA |
Nama: ROCKY MARCIANO TOWADO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rocky Marciano Towado, 2020. “Peranan Motivasi orangtua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP GKST Ensa Kecamatan Mori Atas Kabupaten Morowali Utara”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Alri Lande M.A, M.Th,M.Si Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan motivasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP GKST Ensa. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 7 orang tua siswa SMP GKST Ensa dan 7 siswa SMP GKST Ensa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Peran orang tua terhadap motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu orang tua telah menunjukan rasa tanggung jawab mereka sebagai orang tua. Hal ini terbukti bahwa ada sebagian orang tua sudah berupaya untuk memotivasi anak-anaknya agar hasil belajarnya semakin meningkat dengan pemberian motivasi berupa nasehat, penghargaan atau hadiah, dan melengkapi fasilitas belajar anak. Selain itu kebutuhan psikis juga diperlukan oleh anak seperti memberikan kasih sayang, perhatian, dan waktu. Peranan orang tua lainnya yaitu berkomunikasi dengan guru di sekolah karena hal ini juga sangat penting karena adanya kerjasama antara orang tua dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Peranan Motivasi Orangtua, Hasil Belajar |