Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU
Nama: Munifa Maulani
Tahun: 2019
Abstrak
Munifa Maulani. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Deep Dialogue pada mata pelajaran PPKn di Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK muhammadiyah 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh. Ali Jennah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan pembelajaran Deep Dialogue di kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Muhammadiyah 1 Palu. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian tindakan kelas setelah dilaksanakan pada siklus I, dan siklus II mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan aktivitas siswa kelas X TGB dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan mengamati 4 indikator keberhasilan yang ingin dicapai yaitu dialog aktif, mengamati, kerja sama, dan tanggung jawab. Persentase dialog aktif pada siklus I 62,5?n pada siklus II 78,75%, aspek mengamati pada siklus I 63,5% siklus II 78,75%, aspek kerja sama pada siklus I 65,6?n siklus II 79%, dan aspek tanggung jawab pada siklus I 62,75?n siklus II 78,75%. Sehingga didapatkan keseluruhan persentase pada siklus I 63.08% kategori (cukup) dan pada siklus II mencapai 82% kategori (baik). Kata Kunci : Aktivitas belajar, Deep Dialogue, Pembelajaran PPKn.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up