JudulPENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PALU |
Nama: Fitria |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Fitria, 2019. Penerapan Stategi Pembelajaran Role Playing Terhadap Efektifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing jamaludin. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Role Playing terhadap efektivitas belajar siswa di kelas VIII MTsN 2 Palu? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa di kelas VIII MTsN 2 Palu. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan bersiklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, serta wawancara guru. Berdasarkan hasil penelitian efektifitas pembelajaran siklus I tindakan I memperoleh persentase 32,5%. Pada tindakan II memperoleh persentase 52,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan terhadap efektifitas belajar siswa. pada tindakan I di siklus II memperoleh persentase 57,5%. Pada tindakan II memperoleh persentase 72,5%. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan efektifitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Role Playing. Kata Kunci : Role Palying ; Efektifitas belajar ; PPKn ? |