JudulGAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMP SATAP 1 LORE TIMUR |
Nama: SILFANA INDRIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Silfana Indriani A, A 321 15 141, 2022. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Smp Satap 1 Lore Timur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasdin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah di SMP SATAP 1 Lore Timur dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMP SATAP 1 Lore Timur. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP SATAP 1 Lore Timur Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah . Subyek penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kepala perpustakaan, guru-guru mata pelajaran ,stap tata usaha/pegawai, siswa-siswi, komite sekolah, orang tua murid / wali murid Pembina osis, wali kelas guru piket. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data mengganakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pembinaan secara lansung maupun menyeluruh dan rutin sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan. Adanya hubungan yang kuat antara kepala sekolah dengan disiplin kerja guru. Pendekatan kekeluargaan dan kebersamaan dengan guru untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap para guru dan staf sehingga dapat membawa kemajuan di sekolah. Peningkatan kedisiplinan guru dan pegawai dapat diwujudkan apabila kepala sekolah berhasil memainkan kepemimpinannya dengan professional, bijaksana dan budaya disiplin yang baik sekolah. Tingginya motivasi dan profesionalitas dapat meningkatkan efektifitas dan produktivitas kerja guru dengan meningkatnya efektifitas dan produktivitas kerja guru maka dapat dihasilkan pendidikan bermutu tinggi sebagai produk unggulan sekolah. Kata kunci: kepemimpinan, kepala sekolah, disiplin, guru |