Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII R.A KARTINI DI SMP NEGERI 4 PALU
Nama: HUYATUL SIDIK
Tahun: 2020
Abstrak
Huyatul Sidik (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII R.A Kartini di SMP Negeri 4 Palu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pembimbing Hasdin. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn kelas VII R.A Kartini dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 4 Palu. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus yang di awali dengan tindakan pra siklus. Tahap siklus I dimulai dengan perencanaan yaitu menetukan jadwal penelitian dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, membuat lembar observasi dan melakukan refleksi di setiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII R.A Kartini yang berjumlah 32 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan (1) Hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar yang diperoleh dari ranah kognitif siswa (pra siklus 28%, siklus I 62,5%, dan siklus II 87,5%) (2) Nilai rata-rata siswa yang meningkat (pra siklus 60,06%, siklus I 72,46%, dan siklus II 83,78%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII R.A Kartini di SMP Negeri 4 Palu. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning, hasil belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up