Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI GURU MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 19 PALU
Nama: MELDA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Melda, 2022, ?Studi Tentang Strategi Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Di SMP Negeri 19 Palu?. Skripsi,Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, Jamaludin,M.Si Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengidentifikasi strategi guru mengatasi kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran PKn di SMP Negeri 19 Palu. (2) untuk mengidentifikasi faktor faktor apa yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran PKn di SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun Subyek penelitian ini berjumlah dua belas orang yang terdiri dari dua orang guru PKn dan sepuluh orang siswa. Teknik pengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan vertivikasi/kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi belajar mengajar guru di SMP Negeri 19 Palu sudah cukup efektif dikarenakan sebagian besar siswa menikmati pembelajaran dengan baik. Metoda yang sering digunakan oleh guru PKn di SMP Negeri 19 palu yaitu metode tanya jawab dan diskusi sebagai strategi yang paling efektif untuk mengatasi kejenuhan siswa. Guru juga biasanya membuka pelajaran dengan cara yang lebih ceria seperti menyanyikan lagu lagu kebangsaan. Terlepas dari fasilitas pendukung seperti media yang terbatas menjadi tantangan tersendiri untuk guru PKn untuk berinovasi memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 19 palu dalam pembelajaran yaitu; Lingkungan sarana dan prasarana sekolah dan waktu atau jadwal pelajaran. Setiap siswa punya berbagai karakteristik masing masing, kejenuhan sulit dihilangkan tetapi bisa diminimalisir dengan metode dan model pembelajaran yang sesuai. Kata kunci; Strategi, Metode, Kejenuhan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up