Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKONTRIBUSI GURU PPKn DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 13 PALU
Nama: SAPRIYANTO
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Sapriyanto, A32115073, 2022. ”Kontribusi Guru PPKn dalam Membangun Karakter Peserta Didik pada Proses Pembelajaran di kelas VIII A SMP Negeri 13 Palu” Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendi dikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hasdin. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru PPKn dalam membangun karakter peserta didik pada Proses Pembelajaran di kelas VIII A SMP Negeri 13 Palu (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dialami guru PPKn dalam membangun karakter peserta didik pada Proses Pembelajaran di kelas VIII A SMP Negeri 13 Palu. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 1 guru PPKn, 8 orang siswa dan 1 orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menujukan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam membangun karakter peserta didik adalah 1.Mendidik 2.Mengajara 3.Membimbing 4.Mengarahkan. Kendala yang dialami guru PPKn dalam membangun karakter peserta didik pada Proses Pembelajaran di kelas VIII A SMP Negeri 13 Palu yaitu masih kurangnya kesadaran diri peserta didik terhadap sikap toleransi, disiplin dan mandiri. Sehingga masih banyak peserta didik yang melanggar aturan-aturan yang ada di sekolah. Maka dari itu sisiwa yang melakukan pelanggaran tersebut mendapat panggilan dan kemudian mendapat bimbingan khusus oleh guru BK dan wali kelas dan mengundang orang tua siswa tujuannya untuk memperbaiki karakter siswa tersebut. Kata Kunci : Kontribusi Guru; Karakter; Peserta Didik; Pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up