JudulBentuk- Bentuk Partisipasi Masyarakat Terhadap Pendidikan Formal Anak Di Desa Sibualong Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala |
Nama: SYAHRUL |
Tahun: 2022 |
Abstrak Bentuk-Bentuk, Partisipasi Masyarakat, Terhadap Pendidikan Formal Anak di Desa Sibualong Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Skripsi, Program Studi Penddikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Tujuan Penelitian untuk Mengetahui Bentuk-bentuk Partisipasi Masyarakat, Terhadap Pendidikan Formal Anak di Desa Sibualong Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Sibualong, subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, ketua komite, kepala desa, dan 3 tokoh masyarakat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data Hasil Penelitian menunjukkkan bahwa bentuk-bentuk partisipasi masyarakat sudah terwujud terhadap pendidikan formal anak di desa Sibualong. Bentuk-bentuk Partisipsi Finansial terhadap Pendidikan Formal sudah terwujud ditandai dengan adanya kesedian orang tua murid memberikan uang jajan dan uang kebutuhan sekolah. Partisipasi Material, terhadap Pendidikan Formal sudah terwujud di tandai dengan adanya kesediaan Kepala Desa meminjamkan fasilitas umum yang berupa kursi pemberdayaan kesejahteraan keluarga Pkk, dan sound system, dan dapat digunakan dalam batas tertentu untuk kepentingan penyelenggaraan pendidikan. Kesediaan masyarakat untuk melakukan kegiatan kerja bakti di lingkungan sekolah dengan membawa alat-alat yang di butuhkan. Partisipsi Akademik terhadap Pendidikan Formal sudah terwujud di tandai dengan adanya Kesediaan orang tua siswa dalam mengawasi atau membimbing anaknya dirumah yang sedang mengerjakan tugas agar anaknya berprestasi disekolah, demikian pula membelikan alat tulis kepada anak yang berprestasi dalam bentuk sebagai apresiasi dari guru-guru agar suapaya anak tersebut makin giat dalam melakukan pembelajaran dan sebagai motivasi bagi anak-anak yang belum dapat prerstasi agar meningkatkan minat giat belajarnya. Partisipasi Kultur terhadap Pendidikan Formal sudah terwujud di tandai dengan adanya Kesedian orang tua wali murid untuk mengajarkan budaya setempat serperti budaya tabe jabat salam kepada yang lebih tua dan mengajarkan beribadah agar anaknya mampu menyesuaikan dengan budaya setempat ketika berada di sekolah. Kata Kunci : Partisipasi, Masyarakat, Pendidikan Formal. |