JudulPenerapan Strategi Mengajar Guru PPKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 3 Ampibabo |
Nama: ANJAS CITERSA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Anjas Citersa, A32115046, 2022. " Penerapan Strategi Mengajar Guru PPKn dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 3 Ampibabo". Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dosen Pembimbing Sukmawati. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan strategi belajar mengajar guru PPKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 3 Ampibabo. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi mengajar yang di gunakan guru PPKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 3 Ampibabo. Penelitian ini di laksanakan dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 1 guru PPKn dan 3 siswa kelas VIII B SMPN 3 Ampibabo. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya menggunakan strategi konseptual menjadi strategi ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, dan konseptual. Dilihat dari hasil belajar siswa menggunakan strategi konseptual ada 8 siswa yang tidak mencapai nilai KKM dan rata-rata nilai siswa 77.66, sedangkan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan strategi ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, dan konseptual dengan nilai rata-rata 81.70 dengan 3 orang siswa yang masih belum mencapai KKM. Oleh karena itu dapat disimpulkan guru mata pelajaran PPKn menggunakan strategi belajar gabungan antara ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, dan konseptual yang di lakukan oleh guru secara efektif dan efisien dapat meningkatkan hasil belajar siswa walaupun tidak semua siswa tuntas akan tetapi sudah mengalami peningkatan dari 8 orang Yang tidak tuntas tinggal 3 orang masih di kategorikan kurang tuntas. Kata kunci: strategi mengajar guru PPKn, hasil belajar |