JudulPENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII A DI SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: Indriani |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK INDRIANI, No Stambuk A32115036 “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII A di SMP Negeri 15 Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasdin Hanis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn di kelas VIII A SMP Negri 15 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan secara besriklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan planning, action, observation dan reflection. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas VIII A SMP Negri 15 Palu tahun ajaran 2018/2019 semester II. Dimana pada siklus I setelah diterapkan model pembelajarn kooperatif tipe jigsaw siswa mempunyai sedikit peningkatan karena siswa mendapat skor tertinggi 80 dan skor terendah 50, skor rata-rata 63, banyaknya siswa yang tuntas pada tindakan siklus I yaitu 10 orang dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 15 orang siswa. Tapi pada siklus I belum mencapai ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Pada siklus ke II, jika dilihat dari tes awal terjadi peningkatan karena skor rata-rata yang diperoleh 77,6, skor terendah 60 sedangkan skor tertinggi 90 dan banyaknya siswa yang tuntas 22 orang siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang siswa dari jumlah 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 15 Palu Kata Kunci : Hasil Belajar; Pembelajaran Cooperative Learning; Tipe Jigsaw. |