JudulDAMPAK PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KESADARAN SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA DI SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: RIVI HANDAYANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Rivi Handayani, 2022. “Dampak pemebalajran PPkn terhadap pembentukan kesadaran siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah pada siswa di SMP Negeri 15 Palu”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Hasdin, S.Pd,. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran PPKn dan kesadaran siswa dalam menaati tata tertib sekolah, serta mengetahui yang menjadi faktor penghambat dalam kesadaran siswa menaati tata tertib sekolah.. Jenis penelitian yang digunakan dalam membuat skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti melaksanakan penelitian dengan melakukan observasi awal selanjutnya wawancara kepada guru dan siswa. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada peneliti agar dapat melanjutkan penelitian, mengenai dampak pembelajaran PPKn dalam membentuk kesadaran siswa memathui tata tertib sekolah. Hasil dari penelitian ini yaitu Pembelajaran PPKn memberikan dampak terhadap kesadaran siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah. Pada pembelajaran PPKn terdapat materi mengenai keberagaman suku, ras dan antar golongan dalam hidup bhineka tunggal ika. Sementara itu, faktor penghambat dalam penelitian ini yaitu faktor lingkungan yang memberikan pengaruh besar terhadap kesadaran siswa menaati tata tertib sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran PPKn memiliki dampak terhadap dan kesadaran siswa dalam menaati tata tertib siswa SMP Negeri 15 Palu |