Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 9 PALU
Nama: AGUS TRI PUTRA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Agus Tri Putra, 2022. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS1 di SMA Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraa, Jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Imran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Palu Kecamatan Palu Utara Kota Palu Sulawesi Tenggah. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 di SMA Negeri 9 Palu. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan rumus P = x 100?n korelasi product moment. Sampel yang digunakan berjumlah 28 responden. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian yaitu menggunakan angket untuk memperoleh data tentang Gaya belajar siswa dan hasil belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentase, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil deskripsi diperoleh 25% gaya belajar visual, 57,15% gaya belajar auditorial, 17,85% gaya belajar kinesthetic. Sedangkan untuk hasil belajar siswa memiliki hasil yaitu 21,43% yangn memiliki kategori baik sekali, dan 78,57% yang memiliki kategori baik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa r hitung = 0,877 > r table = 0,374. Berdasarkan hasil penelitian data disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 di SMA Negeri 9 Palu Kata Kunci : Gaya Belajar, hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up