Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Melalui Metode Think-Pair-Share Di Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Poso Pesisir Utaraā€¯
Nama: I GUSTI NGURAH WIDYANA PUTRA
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode Think-Pair Share (TPS) pada pembelajaran PPKn pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Poso Pesisir Utara. Subjek penelitian adalah Santri. Informan dalam penelitian ini guru mata pelajaran PPKn kelas VIII dan 22 Siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Poso Pesisir Utara. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan analisis data kualitatif melalui Daya Serap Individu, Ketuntasan Belajar Klasik, dan Daya Serap Klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Think-Pair-Share meningkatkan presentase ketuntasan klasikal sebesar 63,38?ngan daya serap klasikal sebesar 75,54% pada Siklus I. Kemudian meningkat disiklus II dengan mencapai hasil presentase ketuntasan klasikal sebesar 86,36?ngan daya serap klasikal sebesar 79,45%. Kata kunci : Think-Pair-Share, Strategi Pembelajaran, Prestasi Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up