JudulPeran Pembelajaran PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kasimbar |
Nama: MARWANSYAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Marwansyah, 2025 Peran Pembelajaran PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Pada Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 2 kasimbar” SKRIPSI Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kerangkanegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Hasdin Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan pembelajaran ppknn dalam menumbuhkan kesadaran hukum pada siswa kelas 8 di SMP Negeri 2 Kasimbar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah guru ppkn dan siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Kasimbar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib di SMP Negeri 2 Kasimbar yakni ditunjukkan dengan kesadaran menjaga fasilitas sekolah yang contohnya meja dan kursi agar tetap bersih dan rapi yang berdampak pada proses belajar yang baik dan nyaman (2) Terbiasa untuk siap menunggu guru mata pelajaran dan saling mengajak untuk segera masuk ke dalam kelas bersama-sama untuk menunggu guru mata pelajaran ini menandakan bahwa siswa di SMP Negeri 2 Kasimbar memiliki kesadaran hukum terhadap tata tertib sekolah (3) Menyampaikan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan informasi kepada siswa di kelas tentang nilai-nilai moral budi pekerti kesadaran hukum seorang siswa dalam kehidupan bernegara Kata Kunci: Peran, Pembelajaran, Kesadaran Hukum |