Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI TENTANG EFEKTIVITAS LARANGAN PENGGUNAAN HANDPHONE (HP) BAGI SISWA DI MA AL-IZZAH AL-AS’ADIYAH TOLAI
Nama: ABD. RASYID S
Tahun: 2020
Abstrak
Abd. Rasyid. S. 2019. “Studi Tentang Efektivitas Larangan Penggunaan Handphone (HP) Bagi Siswa Pada Jam Sekolah di MA Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Jamaludin dan Pembimbing (II) Anthonius Palimbong. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana efektivitas larangan penggunaan handphone (HP) bagi pelajar/siswa di MA Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai, 2) Faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung efektivitas larangan penggunaan handphone (HP) bagi pelajar/siswa di MA Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai. Adapuntujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: 1) Untuk mengetahui efektivitas dari larangan penggunaan handphone (HP) bagi pelajar/siswa di MA Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai, 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menhambat dan mendukung efektivitas larangan penggunaan handphone (HP) bagi pelajar/siswa di MA Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru-guru MA Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai yang berjumlah 180 orang, dengan jumlah sampel 35 orang siswa dan 5 orang guru. Cara pengambilan sampel dengan teknik quota sampling atau sampel kuota. Teknik penggumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan persentase dan disajikan melalui tabel. Sedangkan data yang terkumpul melalui observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keberhasilan dalam penerapan larangan penggunan handphone bagi siswa pada jam sekolah. Ada 2 (dua) aspek penyebab larangan ini dikatan berhasil, yang pertama aspek ketaatan siswa; dan aspek kedua adalah kekuatan sistem sanksi. Faktor penghambat larangan ini adalah siswa dan orang tua/wali siswa yang tidak sepaham dengan pihak sekolah. Sedangkan faktor pendukukungnya adalah siswa yang taat dan orang tua yang setuju/sepaham dengan pihak sekolah. Kata kunci: Efektivitas Larangan; Hanphone

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up