JudulTINJAUAN PENGGUNAAN METODE MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMP INSAN KAMIL AMPIBABO |
Nama: LITA MARTASARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK LITA MARTASARI, 2020. “Tinjauan Penggunaan Metode Mengajar Guru Dalam Pembelajran PPKn di SMP Insan Kamil Ampibabo.’’Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu PengetahuanSosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hasdin, S.pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode yang digunakan guru PPKn di SMP Insan Kamil Ampibabo, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Insan Kamil Ampibabo. Jumlah keseluruhan subyek dalam penelitian ini adalah guru PPKn, Kepala sekolah dan 5 orang siswa di SMP Insan Kamil Ampibabo, dengan menggunakan teknik perolehan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Guru SMP Insan Kamil Ampibabo dalam setiap menyampaikan materi pelajaran guru selalu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran agar siswa dapat memahami dan mengerti materi pelajaran dengan mudah.Metode pembelajaran yang digunakan guru PPKn sudah bervariasi seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas. Metode ceramah yaitu untuk menarik perhatian siswa atau memberikan gambaran umum suatu persoalan yang menjadi topik pembahasan, Metode Tanya jawab, sering digunakan guru PPKn karena untuk tujuan latihan mengulang, serta dapat mengetahui proses pembelajaran mengajar, bahwa apakah selama proses belajar mengajar siswa memperhatikan atau tidak, dan siswa juga diajak untuk berani mengeluarkan pendapatnya sendiri.Metode diskusi yang digunakan pada proses pembelajaran ini adalah metode diskusi kelompok dimana masing-masing kelompok diberikan suatu materi pembelajaran sebagai permasalahan yang harus dipecahkan.Untuk metode pemberian tugas dimana guru member tugas tertentu dan siswa mengerjakannya, kemudian tugas tersebut dipertanggung jawabkan kepada guru.Dengan menggunakan beberapa metode atau metode bervariasi maka kekurangan satu metode dapat tertutupi oleh kelebihan metode lainnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran yang digunakan guru PPKn di SMP Insan Kamil Ampibabo dalam proses pembelajaran mengajar secara bervariasi. Metode pembelajaran tersebut diharapkan siswa dapat memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru secara optimal.Kurangnya media pembelajaran di SMP Insan Kamil Ampibabo merupakan faktor penghambat dalam menerapkan metode pembelajaran dikelas, sekolah memang diwajibkan memiliki media pembelajaran seperti infokus membantu dan memper mudah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga materi tidak perlu didikte melainkan dipaparkan melalui power point sehingga membuat siswa termotivasi dan aktif dalam mengukuti pembelajaran mengajar. Kata Kunci :Metode Pembelajaran, Pembelajaran PPKn |