JudulPERSEPSI SOSIAL PENGRAJIN KASUR TERHADAP MAKNA PENDIDIKAN FORMAL BAGI KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA DALAKA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA |
Nama: Andi Ahmad Fauzi |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Andi Ahmad Fauzi, 2019. Persepsi sosial pengrajin kasur terhadap makna pendidikan formal bagi keberlangsungan pendidikan anak Di Desa Dalaka Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala . Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Asep Mahpudz, Pembimbing (II) Dahlia syuaib. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan persepsi pengrajin kasur tentang keberlangsungan pendidikan formal anak di Desa Dalaka Kecamatan Sindue(2)mendeskripsikan upaya yang dilakukan orang tua terhadap tingkat keberlanjutan pendidikan anak di desa Dalaka Kecamatan Sindue Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjekpenelitian ini adalah masyarakat pengrajin kasur di Desa Dalaka Kecamatan Sindue. Informan penelitian berjumlah yakni 5 keluarga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini (1) persepsi pengrajin kasur tentang keberlangsungan pendidikan formal anak yaitu pentingnya pendidikan bagi anak agar dapat menambah pengetahuan pola pikir anak itu sendiri. (2) upaya yang dilakukan orang tua terhadap tingkat keberlanjutan pendidikan anak, dengan membiayai semua pendidikan anak sampai selesai, membiayai pendidikan semampunya. (3) motivasi anak dalam melanjutkan pendidikan yaitu demi orang tua yang sudah membiayai Kata Kunci : Persepsi, persepsi sosial, pendidikan formal, pengrajin kasur |