JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII A DI SMPN 2 TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: MAMAT GUNAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK MAMAT GUNAWAN A 321 14 021 (2020) “Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelejaran Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Tanantovea ”. Pembimbing Dr. H. Asep Mahfudz, M.Si Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMP Negeri 2 Tanantovea. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obserfasi danrefleksi. Data yang di ambil dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil aktivitaas siswa dan guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung sedangakan data kuantitatif diporoleh dari hasil belajar siswa pada setiap akhir tindakan. Pada siklus I hasil yang di peroleh dari aktifitas guru sebesar 81 ?n dari siklus II sebesar 90,6 % sedangkan hasil aktifitas siswa pada sisklus I diperoleh 75 ?n siklus II 91,6%. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil yang diperoleh dari siklus I dan II, hasil obserfasi guru dan siswa mengalami peningkatan hal ini membuktikan bahwa penggunan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas VIII A SMP Negeri 2 Tanantovea. Kata Kunci :Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Hasil Belajar. |