JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII C DI SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: Rawidya Arianti |
Tahun: 2019 |
Abstrak Rawidya Arianti, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Time Token dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII C di SMP Negeri 15 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Asep Mahpudz (II) Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Time Token di kelas VII C SMP Negeri 15 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan secara bersiklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan McTaggart, yaitu : 1). Tahap perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, 4). Refleksi. Materi yang dibahas Siklus 1 adalah Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Siklus II Norma dan Keadilan dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 32 orang siswa kelas VII C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan partisipasi belajar siswa dan partisipasi guru dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi partisipasi siswa pada siklus I memperoleh nilai persentasi rata-rata 41,66%. Pada siklus II terjadi peningkatan partisipasi siswa, terlihat bahwa guru sudah menggunakan model pembelajaran dengan baik dari hasil observasi partisipasi siswa dengan persentasi rata-rata 83,33%. Berdasarkan indikator kinerja penelitian disimpulkan bahwa Time Token dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Palu. Kata Kunci : Penerapan Time Token, Pembelajaran PPKn, Partisipasi Belajar Siswa. ? |