JudulDAMPAK KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTs SANDANA KECAMATAN GALANG KABUPATEN TOLITOLI |
Nama: RAHMATULLAH HK |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rahmatullah HK, 2020. Dampak Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Mts Sandana Kecamatan Galang Kabupaten Toli-Toli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hasdin. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Dari hasil observasi awal yang peneliti lakukan di MTs Sandana Kecamatan Galang, fenomena yang terjadi antara lain; (1) sampai sekarang bidang pendidikan masih belum profesional, hal ini ditandai dengan masih banyaknya guru MTs Sandana Kecamatan Galang yang mengajar bukan bidangnya serta peran kepala sekolah yang kurang maksimal (2) kinerja guru MTs Sandana Kecamatan Galang yang masih rendah disebabkan kurang sistem pengontrolan kepala sekolah, (3) dan kepala sekolah yang kurang mengetahui cara memimpin sekolah yang efektif sehingga kinerja guru di MTs Sandana Kecamatan Galang bisa lebih meningkat. Hasil Penelitian tentang dampak kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTs Sandana sebagaimana hasil dan analisis data yang digambarkan sebelumnya, pada dasarnya dapat ditarik kesimpulan, bahwa, Adanya dampak kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran yang mencakup fungsi-fungsi; perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, ditunjukkan dengan skor rerata sebesar 80,08:23 =3,48 dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian, maka guru di MTs Sandana sering menerapkan meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Kepala sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan pengetahuan tentang materi pembelajaran di MTs Sandana adalah sebanyak bahwa terdapat sebesar 528:23 = 22,95 skor rerata jawaban responden atas kategori selalu, 339:23 = 14,73 skor rerata jawaban responden atas kategori sering, 14:23 = 0,608 skor rerata jawaban responden atas kategori kadang-kadang, dan 14:23 = 0,60 skor rerata jawaban responden kadang-kadang, dan 1:23= 0,04 skor rerata jawaban responden atas kategori tidak pernah, sehingga dapat diakumulasikan bahwa terdapat skor rerata sebesar 80,08:23 = 3,48 dengan kategori sering. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru |