JudulPERAN GURU PPKn DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMS NEGERI 1 DAMPAL UTARA |
Nama: ATIRA M. TIPA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Atira M. Tipa, (2020) Skripsi ini berjudul “Peran Guru PPKn Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMA Negeri 1 Dampal Utara” Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sunarto Amus, Pembimbing (2) Alri Lande Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Dampal Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Dampal Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan guru PAI (Pendidikan Agama Islam). Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanggulangi kenakalan siswa yakni dengan mengadakan bimbingan khusus pada siswa yang sering melakukan kenakalan pada jam-jam khusus yaitu pada jam istirahat atau diluar jam pelajaran, dimaksudkan untuk mengajarkan tentang nilai-nilai karakter siswa, dan juga menanamkan nilai-nilai agama. Hal ini menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Dampal Utara cukup berhasil, dilihat dari penanganan terhadap kenakalan atau pelanggaran tata tertib sekolah yang dilaksanakan oleh guru PPKn. Dalam hal ini guru PPKn mencatat nama siswa yang melanggar tata tertib sekolah dalam buku kasus siswa serta dikenakan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Kata Kunci: Peran Guru; Kenakalan Siswa. |