JudulPERAN GURU PKn DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA Di SMP NEGERI 12 PALU |
Nama: HERLINA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Herlina, A 321 12 093, 2019 “Peran Guru PKn dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa diSMP Negeri 12 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Asep Mahpudz, Pembimbing (II) Hasdin Tujuan penelitian 1).untuk mendeskripsikan peran guru PKn dalam pembinaan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 12 Palu; 2).untuk mengetahui kendala yang di alami guru PK ndalam pembinaan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 12 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PKn, 1 orang guru BK dan Kepala sekolah. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa guru PKn memiliki peran dalam membina kedisiplinan siswa karena dapat dilihat bahwa guru PKn selalu memberikan motivasi akan pentingnya sikap disiplin, memberikan nasehat dan sanksi terhadap peserta didik yang kurang disiplin dan memperlihatkan contoh teladan yang baik dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah serta disiplin waktu. Adapun hambatan-hambatan yang ditemukan guru dalam pembinaan kedisiplinan siswa ialah kurangnya motivasi dan tingkat kesadaran siswa yang masih rendah untuk menaati peraturan yang berlaku sehingga siswa lebih cenderung melakukan sikap yang kurang disiplin. Kata Kunci : Peran Guru PKn, Sikap Disiplin Siswa |