Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Peraturan Tata Tertib Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Palu
Nama: RAFUL HARUN
Tahun: 2020
Abstrak
Raful Harun A 321 12 050. Penerapan Tata Tertib Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Palu (SMKN 3 Palu) Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultan Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Imran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya penerapan peraturan tata tertib sekolah dalam hal ini tata tertib siswa di SMK Negeri 3 Palu. (2) Untuk mengetahui kendala penerapan peraturan tata tertib sekolah dalam hal ini tata tertib siswa di SMKN 3 Palu. Adapun yang dimaksud dengan tata tertib adalah aturan yang mengatur yang dipergunakan oleh berbagai kalangan baik secara perorangan maupun secara intitusi. Tata tertib merupakan kebutuhan institusi atau lembaga. Di dalam lembaga pendidikan tata tertib sangat penting bagi sekolah. Di sekolah tata tertib sangat penting bagi siswa karena merupakan aturan yang menciptakan kultur budaya sekolah guna mendukung pembentukan kepribadian dan pembangunan potensi siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, tata tertib harus disusun dengan benar, dilaksakan secara konsekuen serta di pantau dan di evaluasi sehingga dapat berfungsi yakni membentuk ahlak dan budi pekerti yang luhur. Penerapan tata tertib sekolah harus mengacu pada nilai dan norma serta kultur budaya setempat, yang bernilai positif demi terciptanya kondisi pembelajaran yang efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan tata tertib siswa di SMK Negeri 3 Palu sangat membantu pihak sekolah baik guru maupun siswa karena menciptakan keseragaman tindak yang mengacu pada tata tertib yang berlaku, sehingga menghasilkan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dengan baik. Kata Kunci: Tata Tertib Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up