Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMODUL ELEKTERONIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 BANAWA
Nama: NUR AFNI SETIA PUTRI
Tahun: 2025
Abstrak
Nur Afni Setia Putri. 2025. Modul Elektronik berbasis Kearifan Lokal menggunakan Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banawa. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Hasan, (2) Misnah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hubungan modul elektronik berbasis kearifan lokal terhadap aplikasi canva pada mata pelajaran sejarah (2) Bagaimana pengembangan materi mata pelajaran sejarah (3) Bagaimana desain pengembangan modul elektronik berbasis kearifan lokal menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menguraikan hubungan modul elektronik berbasis kearifan lokal terhadap aplikasi canva pada mata pelajaran sejarah (2) Menguraikan pengembangan materi mata pelajaran sejarah (3) Menganalisis desain pengembangan modul elektronik berbasis kearifan lokal menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Banawa. Subjek dalam penelitian ini adalah modul elektronik berbasis kearifan lokal menggunakan aplikasi canva kepada peserta didik kelas XI IPS 1, berjumlah 33 orang peserta didik yang berada dalam satu kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar angket ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan lembar angket respon peserta didik terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan modul elektronik berbasis kearifan lokal menggunakan aplikasi canva dinilai oleh satu orang ahli media dan ahli materi. Berdasarkan penilaian diperoleh hasil dari ahli materi sebesar 72?n termasuk pada kategori layak sedangkan dari ahli media sebesar 76?n termasuk kategori layak. Adapun respon peserta didik pada kelompok kecil mencapai skor persentase sebesar 94.25% termasuk pada kategori sangat tertarik, sedangkan pada kelompok besar atau lapangan mencapai skor persentase sebesar 93.75% termasuk pada kategori sangat tertarik. Secara keseluruhan modul elektronik dapat digunakan untuk proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul elektronik, kearifan lokal, canva

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up